Minggu, 02 November 2014

Kesimpulan Laporan Magang PT. Reliance Securities Tbk

1.1 Kesimpulan
     PT. Reliance Securities, Tbk adalah perusahaan dengan kegiatan utamanya adalah sebagai perantara pedagang efek yaitu saham, obligasi, sukuk dan reksadana, penjamin emisi, dan asset management.  PT. Reliace Securities, Tbk mendaptakan ijin dari Badan Pengawas Pasar Moda (BAPEPAM) serta lembaga keuangan sebagai perantara pedagang efek dan oenjamin emisi efek sejak tanggal 13 Juli 2005.
     PT. Reliane Securities, Tbk melayani perantara pedangang transaksi efek, perantara pedagang obligasi, riset dan bank investasi. Perusahaan tersebut menerapkan strategi pemasaran direct marketing (strategi pemasaran langsung), personal selling (tatap muka) melali sales broker, dan kemitraan dengan berbagai Universitas
     PT. Reliance Securities, Tbk menggunakan analisa Teknikal dan analisa Fundamental untuk menentukan saham yang memiliki prospek yang baik dimasa depan, namun lebih sering menggunakan analisa teknikal karena perusahaan tersebut menerapkan strategi buy and sell dalam waktu yang dekat dengan kata lain melalukan strategi trading. Analisa teknikal yang dilakukan menggunakan software Chartnexus merupakan salah satu software yang digunakan PT. Reliance Securities Tbk. dalam membaca pergerakan saham. Software grafik ini dilengkapi dengan alat bantu yang memungkinkan para trader dan investor dalam melakukan aktifitas analisanya berupa sekumpulan indikator standard diantaranya Candlestick, Bollinger Band, Ichimoku Kinko Hyo, MACD, Moving Average, Parabolic SAR, Pivot Points, RSI, Stochastic Oscillator, Volume, Williams %R dll.)
     Pergerakan harga saham yang selalu mengalami fluktuasi mengakibatkan investor harus berjaga-jaga ketika saham yang dimiliki mengalami perubahan. Perubahan harga saham bisa kearah positif maupun negative. Harga saham yang mengalai koreksi disebabkan oleh faktor internal perusahaan maupun factor eksternal perusahaan. Harga saham yang mengalami koreksi yang signifikan mengakibatkan kerugian bagi investor maupun perusahaan efek sehingga memerlukan penanganan agar pihak yang terkait tidak mengalami kerugian yang lebih banyak.
     Langkah untuk mengurangi resiko kerugian investor diantaranya Cut loss, portofolio saham dan hedging. Selain ketiga langkah tersebut untuk meminimalisir kerugian dengan cara melakukan analisa teknikal sebelum melakukan pembelian saham, hal ini untuk menentukan waktu pembelian saham dan waktu penjualan saham, sehingga seorang investor akan mendapatkan profit yang lebih tinggi dan resiko yang lebih rendah.

1.2 Saran/Rekomendasi
     Adapun saran yang dapat diberikan penulis mengenai hasil melakukan KKN-P adalah sebagai berikut:
1. Bagi Investor
- Gunakan Analisa Teknikal dan Fundamental agar investasi yang dilakukan mendapatkan profit yang lebih tinggi dan meminimalisir kerugian.
- Tidak disarankan menggunakan margin, untuk mengantisipasi harga saham mengalami penurunan dalam 5 hari kedepan.
- Gunakan teknik wait dan see dan tidak disarankan menggunakan cut loss untuk saham yang masih bisa mengalami kenaikan.
- Aktif membaca berita yang mempengaruhi pergerakan harga saham maupun efek yang lain
2. Bagi Mahasiswa
- Serius dalam melakukan KKN-P di PT. Reliance Securities, Tbk meskipun hanya sebagai simulasi trading
- Aktif dalam kegiatan KKN-P seperti dalam hal membaca materi dan membaca berita mengenai efek





3 komentar:

  1. Hay kaka lilik, boleh sy minta kontaknya? Sy juga mau PKL di Reliance ada yg ingin sy tanyakan sama kaka terima kasih 😊

    BalasHapus
  2. Simak kasus2 menyangkut Anton Budidjaja dan Reliance Securities TBK.
    Tdk tanggung2. Anton pernah mengemplang bank dunia juga.
    https://ditipureliance.blogspot.com

    BalasHapus