Tugas 1
Nama : Lilik
Choirotul Mafula
NIM :
115020200111111
Matkul : Pemasaran Internasional
1.
Perbedaan pemasaran
domestic dengan pemasaran internasional dari aspek strategi pemasaran :
a.
Pemasaran domestic
Di dalam pemasaran
domestic strategi pemasaran yang digunakan meliputi :
(produk + pricing
& price policy + place + promotion) + competition + consumer + (pemasok,
pasar, pemerintah, asosiasi bisnis) + factor x (factor lain yang tak terduga
b.
Pemasaran
internasional
Sedangkan didalam
pemasaran internasional strategi yang harus digunakan lebih komplek dan
menyeluruh diantaranya :
(produk + pricing
& price policy + place + promotion) + competition + consumer + (pemasok,
pasar, pemerintah, asosiasi bisnis) +
(pesaing luar negeri, konsumen luar negeri, criteria negara tujuan, eroa
globalisasi dan liberalisasi, pemasok luar negeri, pasar internasional,
asosiasi bisnis internasional, integrasi ekonomi regional, WTO, peranan IMF dan
Bank Dunia, Negara ketiga, lingkungan lintas pembayaran internasional / bank devisa,
lingkungan pemasaran internasional meliputi :
ekonomi, politik, teknologi, budaya, sosial, hukum, dan demografi), dan kenijakan
pemerintah Negara tujuan : struktur pasar, mata uang (kurs), system perpajakan,
system moneter, system kepabeanan, system perbankan, system ekonomi, struktur
pasar, dan perlindungan) + factor x
(factor lain yang tak terduga
2.
Persyaratan memasuki
pemasaran internasional :
a.
Produk yang
berkualitas tinggi (standardisasi dan jaminan kualitas), dalam pemasaran
internasional produk yang dipasarkan harus mempunyai kualitas yang tinggi
sehingga mampu bersaing dengan pasar internasional dan mampu bertahan di pasar
internasional.
b.
Harga yang wajar
disertai syarat pembayaran yang lunak dan alternative cara pembayaran yang
mudah contoh pembayaran yang lunak adalah dengan cash, cek, giro dan alat
pembayaran lainnya yang mudah digunakan.
c.
Penyerahan produk
dengan cepat dan tanggap terhadap berbagai keluhan, ketika adaa keluhan dari
konsumen harus segera ditanggapi agar konsumen tidak kecewa dan tetap loyal
akan produk kita, sehingga pemasaran.
d.
Adanya berbagai
layanan khusus yang menyertai keberadaan produk, layanan khusus yang menyertai
produk seperti layanan service, suara konsumen, dan layanan lainnya yang
memudahkan konsumen untuk mendapatkan suatu produk atau memperbaiki ketika
mengalami masalah dengan produk tersebut.
e.
Produk yang memiliki
tingkat fleksibilitas yang tinggi, sehingga produk tersebut cepat menyesuaikan
dengan situasi dan kondisi yang terjadi di pasar internasional, dengan tujuan
produk tersebut dapat bertahan di pasar internasional.
f.
Produk yang akrab
dengan konsumen dan mudah dalam pengoperasiannya (praktis), suatu produk
haruslah mudah dalam pengoperasiannya sehingga konsumen nyaman dalam
mengkonsumsi produk maupun jasa yang di pasarkan.
g.
Higinies, dalam kancah
internasioal produk dituntut harus higinies karena masyarakat internasional
kini telah sadar akan kebersihan produk dan kehiginiesannya, produk yang
higinies akan lebih disukai oleh konsumen.
h.
Ramah lingkungan,
seiring dengan gencarnya global warming dan kesadaran masyarakat akan
lingkungan maka produk-produk yang ramah lingkungan terasa lebih disukai oleh
masyarakat internasional saat ini.
i.
Continuitas, dunia
internasional yang semakin canggih dan banyak pesaing maka sebagai produk
internasional harusnya bersifat kontinu dan selalu memperbaiki atau memperbarui
produk agar dapat bertahan dan tetap eksis di pasar internasional.
j.
Tanpa rekayasa genetic,
pasar internasional tidak menyukai produk yang direkayasa sehingga ketika
terdapat produk yang direkayasa dan ketahuan oleh peneliti maka produk tersebut
terancam mati di pasar internasional.
k.
Terlindungi dari HAKI
(Hak Kekayaan Intelektual), produk yang telah dilindungi HAKI tidak akan dapat
dibajak atau ditiru oleh Negara lain sehingga siklus hidup dalam pasar
internasional akan lebih lama.
3.
Daya tarik yang
menjanjikan di pasar internasional :
a.
Daya beli tinggi,
karena pasarnya internasional maka daya beli masyarakat tinggi karena tingkat
kebutuhan masyarakat luar negri tinggi dan sifat konsumtif dari masyarakat
luar.
b.
Daerah pemasaran lebih
luas, karena pemasaran internasional maka daerah pemasarannya lebih luas yaitu
beberapa Negara yang memiliki masyarakat yang tergolong kaya.
c.
Penduduk tinggi
disuatu Negara dapat menjadi daya tarik tersendiri dalam pemasaran
internasional namun jumlah penduduk tinggi harus dibarengi dengan personal
income yang tinggi sehingga secara tidak langsung daya beli meraka juga tinggi.
d.
Memiliki keunggulan
kompetitif, pemasaran internasional lebih memiliki keuunggulan yang kompetitif.
4.
Produk atau perusahaan
di Indonesia yang memiliki keunggulan kompetitif dan keunggulan komparatif yang mampu
berkirpah di pemasaran internasional adalah:
Salah satu perusahaan
dari Indonesia yang telah go intenasional adalah PT. International Chemical
Industri, yaitu perusahaan yang memproduksi baterai ABC dan Alkaline untuk di
ekspor ke 50 negara. Perusahaan ini
telah membuka cabang pabriknya di medan, Jakarta dan Surabaya.
Produk baterai ini
bersifat tahan lama dan juga multifungsi sehingga baterai ini banyak yang
menyukai. Baterai ABC ini telah tercatat sudah memiliki ISO 9000 tentang
standar mutu dan ISO 14000 tentang pelestarian lingkungan.
Baterai ABC ini
mengembangkan produknya dengan menjadi bagian dari event komunitas robot atau
komunitas tamiya. Selain itu banyak perusahaan yang menjadikan baterai ABC ini
sebagai produknya seperti Kodak, Sony, Toshiba dan masih ada beberapa
perusahaan lagi yang memesan baterai ABC untuk diberi label perusahaan mereka.
Casinos near Horseshoe Casino, Tunica | MapyRO
BalasHapusCasinos near Horseshoe Casino, Tunica 남양주 출장샵 · 사천 출장안마 Casinos near Horseshoe Casino, 울산광역 출장안마 Tunica · Casinos near Horseshoe Casino, 태백 출장샵 Tunica · Casinos near Horseshoe Casino, 영주 출장마사지 Robinsonville · Cities near Horseshoe