Minggu, 16 Maret 2014

Tugas 1
Nama    : Lilik Choirotul Mafula
NIM     : 115020200111111
Matkul : Pemasaran Internasional

1.      Perbedaan pemasaran domestic dengan pemasaran internasional dari aspek strategi pemasaran :
a.    Pemasaran domestic
Di dalam pemasaran domestic strategi pemasaran yang digunakan meliputi :
(produk + pricing & price policy + place + promotion) + competition + consumer + (pemasok, pasar, pemerintah, asosiasi bisnis) + factor x (factor lain yang tak terduga
b.    Pemasaran internasional
Sedangkan didalam pemasaran internasional strategi yang harus digunakan lebih komplek dan menyeluruh diantaranya :
(produk + pricing & price policy + place + promotion) + competition + consumer + (pemasok, pasar, pemerintah, asosiasi bisnis) +  (pesaing luar negeri, konsumen luar negeri, criteria negara tujuan, eroa globalisasi dan liberalisasi, pemasok luar negeri, pasar internasional, asosiasi bisnis internasional, integrasi ekonomi regional, WTO, peranan IMF dan Bank Dunia, Negara ketiga, lingkungan lintas pembayaran internasional / bank devisa, lingkungan pemasaran internasional meliputi : ekonomi, politik, teknologi, budaya, sosial, hukum, dan demografi), dan kenijakan pemerintah Negara tujuan : struktur pasar, mata uang (kurs), system perpajakan, system moneter, system kepabeanan, system perbankan, system ekonomi, struktur pasar, dan perlindungan)  + factor x (factor lain yang tak terduga
2.      Persyaratan memasuki pemasaran internasional :
a.    Produk yang berkualitas tinggi (standardisasi dan jaminan kualitas), dalam pemasaran internasional produk yang dipasarkan harus mempunyai kualitas yang tinggi sehingga mampu bersaing dengan pasar internasional dan mampu bertahan di pasar internasional.
b.    Harga yang wajar disertai syarat pembayaran yang lunak dan alternative cara pembayaran yang mudah contoh pembayaran yang lunak adalah dengan cash, cek, giro dan alat pembayaran lainnya yang mudah digunakan.
c.    Penyerahan produk dengan cepat dan tanggap terhadap berbagai keluhan, ketika adaa keluhan dari konsumen harus segera ditanggapi agar konsumen tidak kecewa dan tetap loyal akan produk kita, sehingga pemasaran.
d.   Adanya berbagai layanan khusus yang menyertai keberadaan produk, layanan khusus yang menyertai produk seperti layanan service, suara konsumen, dan layanan lainnya yang memudahkan konsumen untuk mendapatkan suatu produk atau memperbaiki ketika mengalami masalah dengan produk tersebut.
e.    Produk yang memiliki tingkat fleksibilitas yang tinggi, sehingga produk tersebut cepat menyesuaikan dengan situasi dan kondisi yang terjadi di pasar internasional, dengan tujuan produk tersebut dapat bertahan di pasar internasional.
f.     Produk yang akrab dengan konsumen dan mudah dalam pengoperasiannya (praktis), suatu produk haruslah mudah dalam pengoperasiannya sehingga konsumen nyaman dalam mengkonsumsi produk maupun jasa yang di pasarkan.
g.    Higinies, dalam kancah internasioal produk dituntut harus higinies karena masyarakat internasional kini telah sadar akan kebersihan produk dan kehiginiesannya, produk yang higinies akan lebih disukai oleh konsumen.
h.    Ramah lingkungan, seiring dengan gencarnya global warming dan kesadaran masyarakat akan lingkungan maka produk-produk yang ramah lingkungan terasa lebih disukai oleh masyarakat internasional saat ini.
i.      Continuitas, dunia internasional yang semakin canggih dan banyak pesaing maka sebagai produk internasional harusnya bersifat kontinu dan selalu memperbaiki atau memperbarui produk agar dapat bertahan dan tetap eksis di pasar internasional.
j.      Tanpa rekayasa genetic, pasar internasional tidak menyukai produk yang direkayasa sehingga ketika terdapat produk yang direkayasa dan ketahuan oleh peneliti maka produk tersebut terancam mati di pasar internasional.
k.    Terlindungi dari HAKI (Hak Kekayaan Intelektual), produk yang telah dilindungi HAKI tidak akan dapat dibajak atau ditiru oleh Negara lain sehingga siklus hidup dalam pasar internasional akan lebih lama.
3.      Daya tarik yang menjanjikan di pasar internasional :
a.    Daya beli tinggi, karena pasarnya internasional maka daya beli masyarakat tinggi karena tingkat kebutuhan masyarakat luar negri tinggi dan sifat konsumtif dari masyarakat luar.
b.    Daerah pemasaran lebih luas, karena pemasaran internasional maka daerah pemasarannya lebih luas yaitu beberapa Negara yang memiliki masyarakat yang tergolong kaya.
c.    Penduduk tinggi disuatu Negara dapat menjadi daya tarik tersendiri dalam pemasaran internasional namun jumlah penduduk tinggi harus dibarengi dengan personal income yang tinggi sehingga secara tidak langsung daya beli meraka juga tinggi.
d.   Memiliki keunggulan kompetitif, pemasaran internasional lebih memiliki keuunggulan yang kompetitif.
4.      Produk atau perusahaan di Indonesia yang memiliki keunggulan kompetitif  dan keunggulan komparatif yang mampu berkirpah di pemasaran internasional adalah:
Salah satu perusahaan dari Indonesia yang telah go intenasional adalah PT. International Chemical Industri, yaitu perusahaan yang memproduksi baterai ABC dan Alkaline untuk di ekspor ke 50 negara.  Perusahaan ini telah membuka cabang pabriknya di medan, Jakarta dan Surabaya.
Produk baterai ini bersifat tahan lama dan juga multifungsi sehingga baterai ini banyak yang menyukai. Baterai ABC ini telah tercatat sudah memiliki ISO 9000 tentang standar mutu dan ISO 14000 tentang pelestarian lingkungan.

Baterai ABC ini mengembangkan produknya dengan menjadi bagian dari event komunitas robot atau komunitas tamiya. Selain itu banyak perusahaan yang menjadikan baterai ABC ini sebagai produknya seperti Kodak, Sony, Toshiba dan masih ada beberapa perusahaan lagi yang memesan baterai ABC untuk diberi label perusahaan mereka.

1 komentar:

  1. Casinos near Horseshoe Casino, Tunica | MapyRO
    Casinos near Horseshoe Casino, Tunica 남양주 출장샵 · 사천 출장안마 Casinos near Horseshoe Casino, 울산광역 출장안마 Tunica · Casinos near Horseshoe Casino, 태백 출장샵 Tunica · Casinos near Horseshoe Casino, 영주 출장마사지 Robinsonville · Cities near Horseshoe

    BalasHapus